Peningkatan Sektor Pertanian, Babinsa Selalu Himbau Warga Untuk Menghindari Pencemaran Lingkungan

Klivetvindonesia,com. Lamsel- Dalam upaya membantu peningkatan sektor pertanian, Babinsa Koramil 421-02/Gedong Tataan, Kodim 0421/Lampung Selatan, Sertu Lukman Hakim melaksanakan pendampingan terhadap petani warga Desa Budi Lestari yang sedang melaksanakan penyemprotan hama Padi. Rabu (29/5/2024)

Kegiatan ini berlangsung di Desa Budi Lestari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (29/05/2024), pendampingan diberikan disela melaksanakan TMMD ke 120 Kodim 0421/Lampung Selatan.

Pendampingan Babinsa terhadap petani adalah upaya untuk mempercepat masa pengelohan lahan serta sebagai bentuk kepedulian TNI khususnya Babinsa dalam membantu pemerintah daerah dalam Ketahanan Pangan.

Pada penjelasannya Babinsa menyampaikan “Pendampingan ini, salah satu wujud nyata di lapangan dalam mensukseskan ketahanan pangan dan juga nensukseskan program TMMD ke 120.

Selain itu kami memberi pengertian dan mengingatkan warga atau petani dalam pengolahan dan pemeliharaan tanaman khususnya yang menggunakan bahan kimia harus dilaksanakan sebijak mungkin dan menggunakan dosis yang tepat sehingga tidak mencemari lingkungan khususnya air dan tanah, hal ini dikarenakan penggunaan bahan kimia yang berlebih baik yang terkandung dalam pestisida maupun insektisida bahkan penggunaan pupuk non organik yang berlebih dapat merusak unsur hayati pada tanah dan juga mencemari aliran air dan dapat membunuh biota yang ada di dalamnya,”ujar Sertu Lukman.

Diharapkan, dengan turunnya Babinsa ke sawah sebagai pendamping di wilayah baik di binaannya maupun dilokasi TMMD imi masing-masing dapat meningkatkan pengetahuan maupun kesejahteraan petani di wilayah Desa binaan. Disisi lain, selain untuk memberi motivasi kepada para petani agar lebih giat lagi dalam mengolah lahan pertaniannya dengan maksimal juga dapat memberikan edukasi dan bimbingan yang benar dalam bertani dengan bijak sehingga tidak mencemari ekosistem di wilayah pertanian itu sendiri.

“Kita harapkan juga, para petani dapat lebih giat dan bijak memanfaatkan dan mengolah lahan pertaniannya secara optimal. Karena kita melihat potensi pertanian di desa Budi lestari ini sangat bagus dan tanah yang subur ,”kata babinsa.

“Disamping itu, kita juga melakukan koordinasi dengan kelompok tani untuk mengoptimalkan pengolahan lahan agar masa target tanam padi bisa tepat waktu,”pungkas Babinsa.

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *