Jembatan Gantung Desa Upon Batu (Tumbang Manange ) Beri Dampak Positif Bagi Ekonomi Masyarakat

klivetvindonesia.com, Kuala Kurun Kal-Teng – Pembangunan infrastuktur berupa jembatan gantung di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas. Provinsi Kalimantan Tengah Yang Belum Lama Ini Baru Selesai Pembangunannya. Ternyata memberikan dampak positif bagi perekonomian Penduduk setempat.

Kepala Desa Upon Batu, Isaskar menuturkan bahwa dengan hadirnya jembatan gantung di Desa Upon Batu ini, masyarakat lebih mudah keluar masuk desa jika dibanding sebelumnya yang hanya mengandalkan Jasa Feri penyeberangan Milik Masyarat Desa Upon Batu ( Tumbang Manange ). Dengan dibangunnya Jembatan Gantung Aqktifitas Masyarakat Keluar Masuk Amat Lancar. Tinggal Masyarakat Bersama Aparatur Desa Tumbang Manange Upon Batu Melakukan Pemeliharaannya Supaya Tetap Terjaga.

“Kalau dulu kami menyeberang menggunakan jasa ferry baik siang ataupun malam hari dan harus bayar Rp 10 ribu rupiah. Belum lagi kami harus bertaruh nyawa apabila Air Das Kahayan Naik dengan arus sungai amat deras. Sehingga Kekuatiran Kami di Atas Fery Yang Bermuatan 3-6 Kendaraan Roda dua Sangat kuatir bahaya terjadi saat menyeberang. Kami bersyukur sekarang sudah punya jembatan, jadi keluar masuk desa lebih mudah dan cepat,” katanya saat dibincangi awak media, Sabtu, 7 November 2020.

Isas mengakui, setelah selesai dibangunnya jembatan gantung tersebut, roda ekonomi masyarakat Desa Tumbang Manange Yang dikenal dengan nama Upon Batu hingga sekarang secara perlahan mulai meningkat. Dan destinasi wisata Bukit Batu Puruk Tamanggung Amai Rawang dan Batu Suli banyak di kunjungi warga dengan amat sangat mudah dan lancar.

“Kades Menambahkan Jembatan gantung ini jelas memberi kebaikan kepada kami warga Desa Upon Batu. Dengan harapan saya Selaku Kepala Desa Upon Batu semoga kehidupan kami ke depan makin lebihbaik dan sejahtera lagi,”

Sementara itu, Suhartono, wisatawan asal Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengagumi jembatan gantung mlintangi Sei Kahayan dan destinasi wisata Puruk Tamanggung Amai Rawang dan Batu Suli yang terletak di Desa Upon Batu. Kec. Tewah. Kab. Gunung Mas. Provinsi Kalimantan Tengah. Menurutnya, potensi tersebut harus dikelola secara bijak dan berkelanjutan oleh Masyarakat Desa maupun Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk mendorong sektor Perekonomian Warga setempat.

“Tidak semua Daerah dianugerahi keindahan alam seperti ini. Makanya dari sekarang akses menuju Objek Wisata Puruk Amai Rawang dan Batu Suli harus dibenahi dengan baik. Sehingga, wisatawan seperti kami dapat berkunjung dengan aman dan nyaman ke Desa ini,” tandasnya.

Yudika/klivetvindonesia.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *