Update Informasi, Memotong Bendera Merah Putih Berujung Ancaman Pidana

klivetvindonesia.com,Jakarta – Terjadinya peristiwa dengan di awali sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang ibu memotong Bendera Merah Putih, sangat menghebohkan jagat Maya.

Irjen Pol Argo Yuwono Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri mengatakan Vidio yang viral di YouTube itu sudah viral sejak Selasa, 15 September 2020, yang terjadi di daerah Sumedang Jawa barat.

Bacaan Lainnya

“laporan sudah kami terimah dari Polres Sumedang, yang mana ada pelapor yang melaporkan kejadian tersebut,” kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020).

Peristiwa ini dilaporkan ke Polres Sumedang, Selasa 15 September 2020. Argo mengatakan, penyidik sampai saat ini sudah memeriksa tiga orang pihak

“Ada tiga terlapor untuk kasus ini, pertama inisial PO, inisial AM, ketiga inisial DYH,” ucap Argo.

barang bukti berupa satu buah gunting warna hitam, potongan Bendera Merah Putih, dan satu buah handphone.

“Adapun Pasal yang dikenakan yaitu Pasal 66 jo Pasal 24 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara,” tuturnya.

Hukuman Pidana yang dikenakan menurut Agus Flores yang bersangkutan bisa dipidana paling lama 5 tahun penjara karna jelas pasal 66 berbunyi ”Setiap orang yang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 hurufa, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp5 00 juta”.(Redaktsi kltv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *