Pembangunan AMB di Dusun Muli II Ditandai Dengan Upacara Adat dan Peletakan Batu Pertama di Sumber Mata Air

klivetvindonesia.com,Manggarai Timur-Pemerintah Desa Golo Linus kembali mengalokasikan anggaran Dana Desa tahun 2020 untuk Pembangunan Air Minum Bersih (AMB) di Dusun Muli II, Desa Golo Linus, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Flores-Nusa Tenggara Timur.

Pembangunan Air Minum Bersih kali ini ditandai dengan upacara adat serta diikuti  acara peletakan batu pertama. Pembangunan  air minum bersih ini dilakukan dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat di dusun Muli II.Pembangunan AMB ini sendiri merupakan hasil usulan yang disampaikan warga pada saat Musyawarah Dusun,(MusDus) maupun Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa,(MusrenbanDes) tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya
Tokoh Adat Desa Gololinus,Matim sedang mengadakan ritual adat pembangunan Air Minum Bersih di daerah itu.Foto(istimewa)

Kepala Desa Golo Linus, Fransiskus Ketang ketika  ditemui media ini pada Senin, 30 Agustus 2020 mengatakan, tahun ini Pemdes Golo Linus mengalokasikan dana desa untuk pembangunan Air Minum Bersih,(AMB) di Dusun Muli II.

“Besarnya pagu Anggaran Pembanguan AMB antara lain; Pagu Dana untuk Pembuatan 1 unit Bak  Penampung Air senilai Rp. 11. 375. 500 dengan ukuran 1×1×1 meter, Belanja Perpipaan senilai Rp. 46. 673. 225”, jelasnya.

Dikatakan Kades Frans, pelaksana Kegiatan Pembangunan AMB di Dusun Muli II oleh sewakelola.

“Hari senin kemarin, Pemdes Golo Linus, para toko adat dan masyarakat di Dusun Muli II melaksanakan peletakan batu pertama di sumber mata air”, ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, semoga kegiatan Pembangunan AMB ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga keluhan masyarakat di Dusun ini bisa terjawab.

“Mari kita sama-sama mendukung program ini demi kebutuhan masyarakat di Desa kita ini”, ajaknya.

Hal serupa di Sampaikan oleh Pendamping Desa Lokal,(PDL), Maxi Mbaling.

Menurutnya, air adalah sumber kehidupan. Olehnya itu, kita berharap agar program ini berjalan aman dan lancar sampai kepada masyarakat penerima manfaat.

“Saya mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Golo Linus atas niat baik untuk terkait Pembangunan AMB di Dusun Muli II. Ini kerinduan yang sangat panjang dari masyarakat di Dusun muli II selama ini”, bebernya.

Kendati demikian, ia berharap agar masyarakat di Dusun ini sama-sama merawat dan menjaga segala bentuk pembangunan di Dusun ini, lebih khusus terkait Pembangunan AMB.

“Saya mengajak masyarakat di Dusun Muli II untuk sama-sama mendukung program Pemerintah”, pungkasnya.

Untuk diketahui, Peletakan Batu pertama Pembangunan AMB tersebut berlokasi di mata air, (Wae Bongon). Peletakan ini dihadiri oleh Kepala Desa Golo Linus, Pendamping Desa Lokal, para toko adat serta beberapa warga dan masyarakat di Dusun itu. Kegiatan tersebut diawali dengan acara adat di mata air,(Mata Wae Bongon). Kegiatan ini berlangsung aman dan lancar.

Penulis    :Ferdinandus Lalong

Editor      :Gabriel Anggur

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *