API selenggarakan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran

Klivetvindonesia.com, Maumere- Setelah sukses mengadakan webinar dengan tema Sekolah di Era New Normal, Asosiasi Pendidik Indonesia atau yg disingkat API kembali mengadakan workshop dengan tema Pengembangan Media Pembelajaran.

Kegiatan yang berlangsung secara daring dan dilakukan selama tiga hari tersebut di ikuti oleh ratusan pendidik yg tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 24 Agustus s. d 26 Agustus 2020, pada pukul 09.00 WIB s.d pukul 11.00 WIB ditayangkan secara live melalui Youtube.

Para narasumber yang mengisi kegiatan workshop tersebut adalah para penulis yang terlibat dalam kegiatan penulisan buku bersama diprakarsai oleh Prof. Dr. Dwi Sulisworo.

Adapun para narasumber tersebut adalah Irnin Agutin Dwi Astuti, dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta yang membawakan materi Media Interaktif Berbasis Android, Joko Kiswanto dari SD Muhammadiyah Karangturi Bantul, membawakan materi Menjadi Guru Youtuber dan Endra Putra Raharja dari UNIMUDA Sorong dengan materi yg dibawakan adalah Video Analisis dengan Tracker.

Selain itu para moderator yang turut memperlancar acara workshop tersebut juga merupakan para penulis buku bersama. Mereka adalah Harissudin dari IKIP Muhammadiyah Maumere, Noven Kusainun dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dedi Heri Sutendi yg merupakan Founder BUMMI Berdaya Yogyakarta.

Harissudin saat ditanyakan perasaan ketika menjadi bagian dalam kegiatan workshop tersebut mengungkapkan rasa senang sekaligus bangga. Ini dikarenakan
pertama kalinya masuk YouTube dalam agenda workshop.

Harapannya semoga kedepan banyak lagi workshop atau seminar yang mempertemukan banyak kultur yang membahas masalah pendidikan di Indonesia. Hal serupa diutarakan oleh Joko Kiswanto. Ia mengungkapkan jika sangat senang sudah di izinkan sharing ilmu dalam forum dan kegiatan tersebut.

Ia pun mengatakan jika kegiatan ini menjadi tantangan bagi pribadi untuk selalu belajar dan upgrade diri, serta mengasah empati seorang pendidik untuk selalu berbagi ilmu untuk kemaslahatan semua. Bisa bergerak bersama.

Endra Putra Raharja, mengatakan bahwa ia senang bisa belajar bersama berbagi ilmu dengan pengajar dari seluruh penjuru Indonesia, “Besar harapan kami ilmu yang telah dipelajari dalam workshop ini bisa diterapkan untuk peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik”.

Pendiri API, Prof Dwi, saat dikonfirmasi perihal kegiatan workshop, mengatakan bahwa kebersamaan dalam berbagi semangat akan dapat menjadi obat yang mujarab dalam menghadapi pandemi.

Terkait dengan workshop, diberikan tugas yang harus dilakukan oleh peserta workshop daring sehingga kegiatan workshop tersebut memberikan luaran yang bermanfaat bagi peserta.

Kevin Jorge

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *